Selamat datang kembali di seri tutorial inovatif kami! Setelah berhasil melalui dasar-dasar pembuatan Quiz Card AR di Part 1, kini saatnya kita melangkah lebih jauh untuk menyempurnakan kuis interaktif Anda. Di Part 2 ini, kita akan fokus pada penambahan elemen multimedia dan logika permainan yang akan membuat pengalaman belajar menjadi jauh lebih seru dan kompetitif bagi para siswa.
Menghidupkan Suasana dengan Sound Effects (SFX)Langkah pertama yang krusial adalah memberikan umpan balik instan melalui audio. Dalam tutorial video ini, kita mempelajari cara menambahkan SFX untuk jawaban yang benar dan salah. Bayangkan ekspresi siswa saat mendengar suara kemenangan yang ceria ketika mereka memilih jawaban yang tepat, atau suara peringatan yang halus namun jelas saat mereka kurang beruntung. Penambahan audio ini bukan sekadar hiasan; ia berfungsi sebagai penguat kognitif yang memberi tahu siswa secara langsung tentang kemajuan mereka tanpa perlu membaca teks yang panjang.
Selanjutnya, kita berfokus pada pengaturan elemen visual agar antarmuka kuis tetap bersih dan teratur. Anda akan belajar cara menambahkan aset visual seperti ikon 'Benar' (centang), 'Salah' (silang), dan tanda 'Reset'. Fitur penting yang harus Anda optimalkan adalah "Hide & Show Object". Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur urutan kemunculan objek sesuai dengan alur kuis. Misalnya, ikon centang hanya akan muncul setelah jawaban yang benar dipilih, sehingga layar tidak akan dipenuhi oleh elemen-elemen yang tidak perlu di awal permainan.
Bagian yang paling dinantikan adalah Visual Coding. Jangan khawatir, Anda tidak perlu mengetik kode yang rumit! Kita akan menggunakan blok-blok perintah yang mudah dipahami. Tahap ini dimulai dengan membuat variabel skor melalui fitur "Set Point". Di sini, kita merancang logika: "Jika jawaban A benar, maka tambahkan 100 poin." Kita juga akan menyusun urutan kemunculan soal agar satu pertanyaan mengalir mulus ke pertanyaan berikutnya. Di akhir kuis, Anda bahkan bisa menambahkan blok untuk menampilkan "Hasil Poin Akhir" dan tombol "Reset" agar kuis bisa dimainkan berulang kali.
Setelah semua logika dan elemen visual terpasang sempurna, langkah terakhir adalah mempublikasikan proyek Anda. Melalui platform Assemblr EDU, Anda cukup menekan tombol 'Publish', memberikan judul yang menarik, dan kuis Anda siap untuk dibagikan. Siswa hanya perlu memindai kartu kuis yang telah Anda buat, dan seketika elemen 3D serta pertanyaan interaktif akan muncul di layar perangkat mereka melalui teknologi Augmented Reality

0 komentar:
Posting Komentar