Jumat, 12 Desember 2025

Pembelajaran Interaktif dengan Teknologi AR Membuat Quiz Card 3D yang Menarik

Revolusi Pembelajaran di Kelas Anda

Para pendidik, pernahkah Anda mencari cara inovatif untuk membuat sesi tanya jawab di kelas menjadi lebih menarik dan berkesan? Pembelajaran yang hanya mengandalkan buku teks dan papan tulis sering kali terasa monoton. Kabar baiknya, kini ada solusi yang menggabungkan kesenangan bermain dengan ketajaman belajar: Quiz Card berbasis Augmented Reality (AR). Video tutorial ini menunjukkan langkah demi langkah bagaimana membuat "Quiz Card" yang dapat mengubah gajah, singa, atau burung menjadi alat bantu ajar yang interaktif, membuat siswa dapat bermain, belajar, dan langsung melihat skor mereka!

Konsep Quiz Card AR yang Inovatif

Ide dari Quiz Card AR ini adalah memanfaatkan teknologi AR untuk memvisualisasikan pertanyaan dan jawaban secara tiga dimensi (3D). Bayangkan sebuah kartu fisik yang ketika dipindai, akan menampilkan objek 3D yang relevan, seperti seekor gajah, di atasnya. Pertanyaan, seperti "Jenis hewan apakah ini?", muncul bersama dengan pilihan ganda. Ketika siswa memilih jawaban yang benar, mereka langsung mendapatkan notifikasi visual dan penambahan skor yang seru! Proses ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan, tetapi juga memberikan umpan balik instan yang sangat penting dalam proses belajar.

Langkah-Langkah Awal Desain Kartu dengan Visual Menarik

Proses pembuatan dimulai dari tahap desain, yang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan platform seperti Canva. Kunci di tahap ini adalah membuat desain kartu kuis yang menarik dan profesional, yang akan berfungsi sebagai Custom Marker dalam aplikasi AR. Dalam contoh video, desainnya menampilkan judul kuis, pertanyaan, dan empat opsi jawaban. Sangat penting untuk menyiapkan satu area kosong pada desain kartu untuk penempatan kode QR. Setelah desain selesai, pastikan Anda men-download-nya dalam format PNG dengan background transparan untuk integrasi yang lebih mulus di platform AR.

Membangun Pengalaman AR di Assemblr EDU

Langkah selanjutnya adalah memindahkan desain ke platform Assemblr EDU, sebuah tool khusus untuk membuat konten AR edukatif. Setelah membuat proyek baru dengan Default Editor dan mengunggah desain kartu sebagai Custom Marker, inilah saatnya memadukan desain 2D dengan aset 3D. Anda perlu memasukkan aset visual jawaban yang sudah didesain (seperti kartu jawaban Herbivora, Karnivora, dll.) dan yang paling penting, menambahkan objek 3D yang sesuai dengan pertanyaan dari 3D Library Assemblr EDU. Penggunaan fitur "Grup" sangat disarankan untuk merapikan dan mengorganisir setiap objek, memisahkannya berdasarkan nomor pertanyaan, sehingga memudahkan proses interaktivitas.

Menuju Interaktivitas Penuh: Integrasi Logika Kuis (Tunggu Part 2!)

Pada akhir video, kita sudah memiliki tampilan kuis 3D/AR yang menakjubkan—seekor gajah 3D berdiri di atas kartu kuis, lengkap dengan pilihan jawaban dan teks skor sementara. Namun, untuk membuatnya benar-benar berfungsi sebagai kuis yang interaktif, kita memerlukan sentuhan akhir berupa penambahan logika. Logika ini mencakup penentuan jawaban yang benar, mekanisme penambahan atau pengurangan skor, dan animasi yang muncul saat jawaban dipilih (misalnya, tanda centang hijau atau silang merah). Sayangnya, proses penting ini, yang melibatkan event dan behaviour di editor Assemblr, akan dibahas secara detail di Part 2 dari tutorial ini.

0 komentar: