Dalam upaya menghadirkan pembelajaran yang kreatif dan bermakna, siswa diajak membuat proyek interaktif bertema “Bunga Matahari” menggunakan platform Assemblr EDU. Melalui kegiatan ini, peserta didik tidak hanya mengenal bagian-bagian bunga secara teoritis, tetapi juga dapat melihat dan mempelajarinya secara tiga dimensi (3D) dalam tampilan augmented reality (AR).
Selanjutnya, siswa berlatih membuat model digital bunga matahari di editor Assemblr EDU, dimulai dari mengunggah objek 3D hingga menambahkan teks label penjelas pada setiap bagian bunga. Dalam tahap ini, siswa dilatih untuk berpikir kritis, teliti, dan kreatif. Mereka juga belajar tentang pentingnya visualisasi digital dalam pembelajaran sains dan lingkungan.
Link Proyek : https://asblr.com/jZNbnI
Hasil akhir dari proyek ini adalah model interaktif “Proyek Bunga Matahari” yang bisa diakses melalui kode marker atau tautan publik. Siswa dan guru dapat menampilkan hasilnya di kelas atau melalui perangkat seluler, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, modern, dan berorientasi pada teknologi masa kini.
Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta didik semakin termotivasi untuk belajar biologi dan sains dengan pendekatan yang lebih imersif. Proyek ini juga menunjukkan bagaimana pembelajaran berbasis teknologi AR dapat menumbuhkan kreativitas dan literasi digital di kalangan siswa sejak dini. Dengan demikian, teknologi bukan hanya alat bantu, tetapi juga jembatan menuju pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan.


0 komentar:
Posting Komentar