Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kreativitas guru di era digital, Balai Guru dan Tenaga Kependidikan (BGTK) Provinsi Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan Komunitas Bergema menggelar kegiatan bertajuk “Kreativitas Guru di Era Digital: Implementasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Assemblr Edu dan ZEP Quiz untuk Bukti Karya GTK.” Kegiatan ini dilaksanakan secara daring selama dua hari, pada Senin–Selasa, 20–21 Oktober 2025, mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.
Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber dan moderator yang berkompeten di bidangnya. Sebagai keynote speaker, hadir Dr. Wirman Kasmayadi, S.Pd., M.Si, Kepala BGTK NTB, yang memberikan pembekalan mengenai pentingnya inovasi pembelajaran berbasis teknologi digital bagi guru masa kini. Beliau menekankan bahwa kreativitas guru tidak hanya diukur dari kemampuan mengajar, tetapi juga dari bagaimana guru mampu menciptakan karya interaktif yang berdampak pada proses pembelajaran.
Selain itu, kegiatan ini turut menghadirkan dua narasumber inspiratif, yakni Khairani Harahap, seorang Assemblr Certified Trainer, dan Ria Arummanah, ZEP Quiz Ambassador. Keduanya berbagi praktik baik dalam mengintegrasikan teknologi AR (Augmented Reality) melalui Assemblr Edu dan gamifikasi pembelajaran menggunakan ZEP Quiz. Melalui pemaparan mereka, peserta diajak untuk memahami langkah-langkah praktis menciptakan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan sebagai bukti karya GTK.
Tak kalah menarik, kegiatan ini juga dipandu oleh moderator dan host yang penuh semangat, yaitu Deflia Tabita, Maria Ulfa, Kun Hadiyani, dan Yefita Putrizanti. Kehadiran mereka menambah kehangatan dan keceriaan selama sesi berlangsung. Para peserta tampak antusias mengikuti setiap sesi, bahkan banyak yang langsung mencoba membuat proyek interaktif mereka sendiri selama pelatihan berlangsung.
Melalui kegiatan ini, para guru mendapatkan inspirasi baru untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Pesan utama dari kegiatan ini sangat jelas: “Bukti Karya GTK bukan lagi sekadar tugas, tetapi panggung kreativitas Anda.” Dengan pemanfaatan Assemblr Edu dan ZEP Quiz, para guru diharapkan mampu menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik, bermakna, dan berpusat pada peserta didik.
Salah satu peserta, Ibu Rini dari Lombok Timur, mengungkapkan kesan positifnya: “Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya jadi tahu bagaimana membuat media pembelajaran 3D yang menarik untuk siswa dan bisa menjadi bukti karya nyata bagi guru. Terima kasih kepada panitia dan narasumber yang luar biasa.” Testimoni ini menjadi bukti bahwa kegiatan seperti ini memberikan dampak nyata bagi para guru di lapangan.
Sebagai penutup, panitia mengajak seluruh pendidik untuk tidak melewatkan sesi-sesi inspiratif berikutnya yang akan terus menghadirkan topik-topik menarik seputar inovasi pembelajaran digital. Mari terus berkreasi, berinovasi, dan berbagi karya terbaik untuk kemajuan pendidikan Indonesia di era teknologi !
0 komentar:
Posting Komentar