.

.
belajar-ilmu-komputer.blogspot.com Muhammad Rizki Fadillah's Blog. Tips trik matematika, tutorial blogging, lirik lagu, modifikasi template, dll. Tempat mencari dan berbagi inspirasi.

KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM

Oleh : Suherman, S.Pd.I.

الحمدلله لاحول ولاقوة الابالله اشهدان لااله الاالله لانعبده الااياه واشهدان محمداعبده ورسوله الذى لانبى بعده. اللهم صل وسلم على محمدبن عبدالله وعلى اله وصحبه ومن والاه امابعده. فياايهاالحاضرون رحمكم الله, اوصيكم ونفسى بتقوى الله فقدفازالمتقون. قال الله تعالى فى القران الكريم ياايهاالذين امنوااتقواالله حق تقاته ولاتموتن الاوانتم مسلمون.


HADIRIN SIDANG JUMAT YANG DIRAHMATI ALLAH,
Waktu demikian cepat berlalu, hari demi hari kita lalui, bulan demi bulan berganti, seakan tak terasa, kini kita sudah berada di awal bulan Muharram tahun 1434 hijriyah.
Seiring pergantian waktu, pergantian bulan dan pergantian tahun, marilah pada hari jumat yang mulia ini kita saling mengingatkan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa,,yakni dengan menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.

HADIRIN SIDANG JUMAT YANG DIRAHMATI ALLAH
Di hari jumat yang mulia ini kita berjumpa dengan bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender hijriyah, Bulan Muharram merupakan bulan yang mulia di sisi Allah SWT, ia memiliki berbagai keutamaan, diantaranya adalah :
Pertama, Bulan Muharram merupakan salah satu bulan haram, Allah SWT berfirman :
¨bÎ) no£Ïã Íqåk9$# yZÏã «!$# $oYøO$# uŽ|³tã #\öky­ Îû É=»tFÅ2 «!$# tPöqtƒ t,n=y{ ÏNºuq»yJ¡¡9$# šßöF{$#ur !$pk÷]ÏB îpyèt/ör& ×Pããm 4 šÏ9ºsŒ ßûïÏe$!$# ãNÍhŠs)ø9$# 4 Ÿxsù (#qßJÎ=ôàs? £`ÍkŽÏù öNà6|¡àÿRr&
Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, (QS. At-Taubah : 36)

Dalam ayat diatas disebutkan bahwa ada dua belas bulan : mulai dari bulan muharram yang sekarang ini hingga bulan Dzulhijjah. Diantara dua belas bulan itu ada empat bulan haram, yaitu bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.
Ashurul Haram (Bulan Haram) termasuk bulan Muharram ini adalah bulan yang dimuliakan Allah SWT, bulan-bulan itu memiliki kesucian, dan karenanya menjadi bulan pilihan. Diantara bentuk kesucian dan kemuliaan bulan-bulan itu adalah kaum muslimin dilarang berperang, kecuali terpaksa, jika diserang oleh orang kafir, kaum muslimin juga diingatkan agar lebih menjauhi perbuatan aniaya/maksiat pada bulan itu.

HADIRIN SIDANG JUMAT YANG DIRAHMATI ALLAH
Keutamaan yang kedua dari bulan Muharram adalah nilai histories bulan ini sebagai bulan hijrah, yang seharusnya kaum muslimin mengambil semangat hijrah itu dalam kehidupannya.
Sungguh, hijrah merupakan perjuangan momental yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Mereka rela meninggalkan segala harta, termasuk rumah, dan perabotnya menuju Madinah. Mereka rela meninggalkan tanah air menuju tanah yang tidak jelas peluang bisnis maupun ladang pekerjaan di sana. Bahkan lebih dari itu, dengan hijrah tidak sedikit para sahabat yang mempertaruhkan nyawa mereka termasuk Rasulullah SAW dan Abu Bakar yang dikerjar dan diburu hidup atau mati.
Tanpa hijrah, mungkin tidak ada peradaban Islam yang dimulai Rasulullah SAW dari Madinah, tanpa hijrah mungkin tidak ada kemenangan demi kemenangan yang diraih Rasulullah dan para sahabatnya hingga mampu menyebarkan islam ke seluruh jazirah Arab.
Karena itulah ketika Umar bin Khattab hendak menentukan tahun baru Islam, beliau memilih tahun hijrah sebagai tahun pertama, Muharram sebagai bulan pertama yang pada waktu itu juga dimulai perjalanan hijrah oleh beberapa sahabat, lalu secara besar-besaran para sahabat berbondong-bondong hijrah pada bulan safar, Hijrah yang diambil sebagai titik tolak peradaban Islam, maka kalender Islam pun disebut sebagai kalender hijriyah.
HADIRIN SIDANG JUMAT YANG DIRAHMATI ALLAH
Kemuliaan ketiga dari Bulan Muharram adalah disunnahkannya puasa tasu’a dan asyura, yaitu pada tanggal 9 dan 10 bahkan puasa tasu’a dan asyura serta puasa sunnah lainnya seperti puasa senin-kamis nilainya menjadi puasa yang paling mulia setelah Ramadhan.
Rasulullah SAW Bersabda :
أفضل الصيام بعدرمضان شهرالله المحرم
Artinya : Puasa yang paling mulia setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa) di bulan Allah, yaitu Muharram (HR. Muslim)

Secara khusus Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan puasa asyura sabdanya :
سئل عن صوم يوم عاشوراءفقال يكفرالسنة الماضية
Artinya : Rasulullah ditanya mengenai puasa asyura, beliau menjawab : “ia bisa menghapus dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim).

Sedangkan mengenai puasa tasu’a Rasulullah berazam untuk menjalankannya meskipun beliau tidak sempat menunaikannya karena wafat sebelum Muharram tiba, lalu para sahabatnya menjalankan puasa tasu’a seperti keinginan Rasulullah SAW.
Demikian khutbah singkat mengenai keutamaan bulan Muharram, semoga kita dimudahkan Allah SWT untuk mengambil ibrah/pelajaran dan menggapai keutamaan itu.

ياايهاالذين امنوااتقوالله وقولواقولاسديديصلح لكم أعمالكم ويغفرلكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقدفازفوزاعظيما

بارك الله لى ولكم فى القران الكريم ونفعنى واياكم بمافيه من الايات والذكر الحكيم اقول قولى هذاوأستغفرالله العظيم لى ولكم ولسائرالمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انه هوالسميع العليم
Share this article :
Print PDF

WAJAH2 CHATER NUSA 2

CHAT WITH ME

ANDA PENGUNJUNG YANG KE

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. *°ºð((¯`°»¦«[ 5UH3RM4N ]»¦«°´¯))ðº°* - All Rights Reserved
mastemplate
Distributed By Blogger Templates | Design By Creating Website