Segalanya bisa mudah jika mengetahui cara tepat dan praktis dalam
menggunakan Ms. Word, baik versi 2007 maupun versi 2010. Ms. Word memiliki
banyak fitur yang bisa difungsikan untuk menunjang pekerjaan pembuatan dokumen,
berupa tulisan atau laporan. Di dalamnya terdapat kombinasi pilihan, seperti
tabel, grafik, gambar, diagram, dan lain-lain. Pada versi terbarunya, terdapat
beberapa penambahan fitur-fitur baru untuk memudahkan pengguna.
Dibandingkan
versi 2007, pada versi 2010 terdapat perubahan dan penambahan pada bagian
ribbon, jendela informasi backstage view yang bisa diakses melalui tab File,
panel navigasi dokumen, perluasan perintah paste, pengolahan lanjutan gambar
atau teks, pengaturan pencetakan yang terintegrasi dengan Word, dan lain
sebagainya. Semua bisa dieksplorasi agar fungsinya lebih optimal melalui
kostumisasi tip dan triknya.
Misalnya,
agar pekerjaan Anda tidak hilang sia-sia ketika terjadi error pada komputer
Anda atau hilangnya dokumen asli, Anda bisa mengaktifkan fitur backup otomatis.
Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga hasil pekerjaan Anda agar tetap
tersimpan dalam komputer melalui sebuah salinan backup tadi.
Caranya
sangat mudah. Sorot menu File -> Options -> Advanced. Pada
bagian bawah layar dialog, terdapat tab menu Save, centang kotak Always
Create Backup Copy. Tekan Ok. Maka, setiap kali Anda menyimpan dokumen,
dokumen asli akan tersalin (backup) secara otomatis. Salinan ini sebagai
cadangan hasil pekerjaan Anda yang bisa dipergunakan jika timbul hal-hal yang
tidak diharapkan.
Contoh
lainnya ialah jika Anda menginginkan font yang Anda pergunakan pada dokumen
tidak berubah ketika dibuka di komputer lain yang tidak memiliki jenis font
yang Anda pergunakan, hal ini bisa disiasati dengan mengaktifkan fitur Embed
Fonts. Caranya, sorot menu File -> Option. Pada menu Save,
centang kotak Embed fonts in the file. Maka, dokumen Anda tidak
akan berubah jenis fontnya ketika dibuka di komputer orang lain.
Masih
banyak lagi tip dan trik optimalisasi pada Ms. Word yang bahkan mungkin tidak
terbayangkan oleh Anda sendiri yang biasa bekerja menggunakan Ms. Word. Anda
penasaran?
Panduan Download DISINISumber Tulisan : http://www.agromediagroup.com
Sumber Ebook : http://smidgenpc.com
Baca Juga :
Panduan Ms. Office 2010
Panduan Ms. Word 2007
Panduan Ms. Excel 2007
Panduan Ms. Powerpoint 2007
Kumpulan Rumus Excel
0 komentar:
Posting Komentar